Sejarah PT Pos Indonesia dan Teknologi yang digunakan
1746 - KANTORPOS PERTAMA
Sejarah
mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantorpos pertama
didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron
van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih
menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang
berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang
dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir
mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.
1875 - POSTEN TELEGRAFDIENST
Pada tahun ini dinas pos disatukan dengan dinas telegrap dengan status jawatan dengan nama POSTEN TELEGRAFDIENST.
1877 - Union Postale Universelle
Sejak
pemerintahan kolonial dinas pos pemerintahan Belanda sudah berhubungan
dalam pengiriman surat dan barang secara internasional, sehingga
tercatat sebagai anggota Union Postale Universelle (UPU).
1945 - Hari Bakti POSTEL
1965 - PN Pos dan Giro
Mengamati
perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang
sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahan Negara dan
Giro (PN Pos dan Giro).
1978 - Perusahaan Umum Pos dan Giro
Dan
pada tahun 1978 berubah menjadi Perusahaan Umum Pos dan Giro yang sejak
ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas
pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri.
1995 - PT. Pos Indonesia (Persero)
Selama 17 tahun berstatus Perusahaan Umum. Pada tanggal 20 Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
Sumber :
http://www.posindonesia.co.id/index.php/sejarah-pos/
http://faizaltrywicaksono.blogspot.co.id/2014/03/perkembangan-teknologi-informasi-pada_1.html