pengertian swap dilinux



Swap

SWAP adalah sebuah ruang pada hardiak yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/laptop membutuhkan lebih banyak memory. Dalam artian partisi dengan filesystem SWAP ini bekerja sebagai cadangan , apabila RAM yang digunakan penuh.

Dengan melihat spesifikasi komputer akhir-akhir ini, partisi swap cukup berukuran  antara 500 MB hingga 1500 MB. Jika anda cukup yakin dengan apa yang akan anda kerjakan sehari-hari,  anda dapat mengubah  sendiri ukuran swap yang digunakan. Tapi untuk menentukan ukurannya, kita bisa menyesuaikan dengan memory utama kita. Karena ukuran SWAP adalah 2 kali memory utama. Jadi, apabila RAM kita 1 GB, disarankan membuat partisi swap dengan kapasitas 2 GB.  

Kekurangan SWAP adalah, apabila kita menggunakan partisi ini, maka hadisknya kan sebagai virtual memory, maka hardisk tersebut perputarannya akan lebih cepat seperti RAM. Sehingga kemungkinan apabila RAM utama kita telah penuh sehingga SWAP akan bekerja, maka Hardisk kemungkinan akan mengalami Bad Sectors .
Previous
Next Post »