pengertian bios



Pengertian BIOS

BIOS adalah tingkatan terendah dari perangkat lunak yang mengkonfigurasi atau memanipulasi perangkat keras. BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan atau assembly yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan. Istilah bios pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M  yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras yaitu beberapa mesin yang menjalankan CP/M memilki boot loader sederhana dalam ROM. Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” yaitu IBM PC DOS atau “IO.SYS” yaitu MS DOS yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk.

Image result for bios hardware
FUNGSI

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System,dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

1.      Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2.      Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.      Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4.      Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
5.   Mengeksekusi MBR ( Master Boot record ) Yang berada pada sector pertama pada harddisk, yang fungsinya ialah untuk memanggil Sistem Operasi dan Menjalankannya

                  JENIS BIOS

Adapun macam – macam BIOS:

1.       AMI BIOS
Adalah BIOS yang dikembangkan oleh megatrends America. Hal ini digunakan baik di perusahaan memilki motherboard dan pada motherboard yang dijual oleh perusahaan lain.

2.       PHOENIX BIOS
Adalah BIOS yang mengembangkan dan mendukung perangkat lunak sistem inti untuk computer pribadi dan perangkat komputasi lainnya. Produk phoenix – biasa disebut sebagai BIOS atau Firmware – dukungan dan mengaktifkan komputabilitas, connectifitas keamanan dan pengeluaran berbagai komponen dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut phoenix technologies dan IBM mengembangkan El Torito Standart
     
3.       AWARD BIOS
Adalah memiliki built-in program setup yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dasar sistem konfigurasi. Informasi ini disimpan dalam CMOS RAM sehingga dapat menyimpan informasi setup, bahkan ketika power dimatikan.

4.       OEM yaitu seperti merek DELL, HP, ACER.
Alur kinerja BIOS yaitu, dengan cara booting ROM Chipset Compress Memory Utama Eksekusi POST (Power On Self Test)
Previous
Next Post »